Selamat datang di Blog saya yang sederhana ini... berusahalah mencari dunia namun jangan melupakan yang menciptakan Dunia...

Kamis, 31 Desember 2009

Resensi : KESABARAN YANG BERAKHIR DENGAN KEBAHAGIAAN

. Kamis, 31 Desember 2009

Judul Resensi : Kesabaran yang Berakhir dengan Kebahagiaan
Judul Buku : Obihiro, Tak Sederhananya Cinta
Penulis : Agnes Majestika
Cetakan I : November 2004
Penerbit : Darl Mizan, Bandung 2004
Warna Buku : Cokelat
Tebal : 192 Halaman


Rini adalah seorang mahasiswa S3 Obihiro University. Thomas adalah sahabat Rini di Obihiro. Ana adalah Mahasiswa Bahasa Inggris Thomas. Ana memperkenalkan Rini dan Thomas pada temannya yang berasal dari Indonesia, dia adalah Agung. Tiba-tiba Rini tersadar bahwa Rini telah kehilangan seseorang. 2 tahun bukan waktu yang pendek untuk melewati hari-hari melelahkan di Obihiro, sebuah kota kecil di wilayah Tokachi di Pulau Hokaido. Rini menyimpan sebuah angan-angan tetapi sekarang angan-angan itu membuyar karena Satrio (kekasih Rini) akan bertunangan dengan Anggita minggu depan. Sulit baginya untuk menerima semua ini, tapi dia harus percaya.
Saat Agung berulang tahun, dia mentraktir Rini di Nagasakiya/ Fujimaru. Rini merasa senang bersama Agung. 3 bulan berteman dengan Agung telah membuat Rini sadar, dia dapat menikmati hari-hari yang indah lagi dan tak perlu berlarut dalam kesedihan. Satrio bertunangan dengan Anggita, Ana dan Thomas ikut merayakan ulang tahun Agung. Lalu Thomas turun dari mobilnya, Rini memandangi Thomas yang sedang berjalan, wajah latinnya begitu menarik. Thomas tidak menghiraukan para gadis yang mendekatinya, karena ia terikat dengan Elizabeth, Rini mengira Elizabeth adalah kekasih Thomas. Selama 3 bulan Rini berhasil menyembunyikan perpisahannya dengan Satrio kepada Thomas. Thomas dan Ana pergi mengunjungi Zenrin Big Sport. Rini dan Agung menuju Fujimaru Depato. Agung cemburu pada Thomas karena Thomas penuh perhatian pada Rini.
Agung mengajak Rini ke bagian belakang TIRC (Tokachi International Relations Center). Lalu Rini membayangkan bahwa tahun depan akan ke Obihiri untuk menyusul Rini. Dengan sadar Rini merasakan bahwa Agung telah menyatakan bahwa Agung menyukainya dan ingin berada dekat dengannya. Rini tak perlu naïf untuk menerjemahkan perasaan Agung. Rini diliputi berbagai perasaan, antara senang dan tak percaya bahwa Agung bertanya tentang perasaannya, dan jawabannya membuat Agung kelihatan bahagia. Ini berarti mereka telah saling berikrar!!
Rini memasuki lounge pelan-pelan, Thomas sedang menempelkan jadwal. Rini terdiam, tapi dia menyadari bahwa di antara mereka telah terjadi kesalah pahaman. Mungkin dengan kesalah pahaman ini justru membawa hikmah, paling tidak, dia dapat lebih meyakinkan Agung bahwa Agung tidak perlu cemburu lagi pada Thomas, tapi akhirnya Agung tahu bahwa Thomas memang akrab dengan siapa saja. Perbedaan kultur dan adat memang bisa salah paham.
Dan akhirnya Rini dan Thomas baikkan. Thomas telah mengetahui bahwa Rini telah putur dengan Satrio. Thomas pun menyesal karena telah menyakiti sahabatnya sendiri. Rini pun merasa heran karena Thomas dengan Anna, sedangkan Thomas sendiri memiliki kekasih yang bernama Ely. Setelah Rini dan Thomas berunding akhirnya hubungan persahabatan mereka pun kembali memulih. Saat perpisahan di HICO merupakan malam yang menyedihkan bagi Rini, karena akan berpisah dengan orang yang paling ia sayangi, yaitu kekasihnya Agung. Agung akan kembali ke Indonesia. Saat pesta berlangsung, Rini tidak merasakan keceriaan, yang dia rasakan hanyalah kesedihan. Tapi Agung selalu berusaha tenangkan hati Rini supaya jangan sedih karena Agung pergi tuk kembali.
Setelah beberapa hari Agung pulang ke Indonesia, seseorang wanita bernama Mira menelpon Rini. Mira adalah tunangan Agung di Indonesia. Mira dan Agung telah bertunangan 3 tahun yang lalu. Rini memutuskan hubungan dengan Agung. Bukannya Rini tidak mau memberi kesempatan pada Agung, tetapi Rini melakukannya karena ia menghargai dirinya sendiri. Rini berharap Agung dapat memperbaiki dirinya. Tetapi perpisahan ini sangat menyaksikan dan menyiksa Rini. Bahkan terkadang timbul penyesalan. Tetapi, Rini tak bisa menerima perlakuan Agung pada Mira, respect Rini pada Agung sudah sedemikian luntur, sehingga Rini mengalami kesulitan untuk menghargai Agung. Beberapa kali Agung dan Mira membujuk Rini, tetapi keputusan Rini sudah bulat.
Thomas memperkenalkan Rini pada Ely, ternyata Ely ibu Thomas yang berasal dari Panama. Ely sangat baik pada Rini dan Ely juga pintar memasak. Rini jatuh sakit lalu dibawa ke rumah sakit. Ely dan Thomas menjaga di rumah sakit. Rini menyuruh Thomas agar tidak memberitahu keluarganya di Indonesia. Tetapi Thomas memberitahu kepada adiknya Rini. Lalu Rina (adiknya Rini) menelpon Rini, Rini menyuruh Rina untuk tidak memberitahu kepada orang tuanya, dan Rini menyuruh Rina pergi ke Obihiro untuk menjaganya. Tidak lama kemudian Rini sembuh dari sakitnya.
Rini berubah penampilannya menjadi wanita solehah yang berkerudung. Pada saat orang-orang masuk Islam di Obihiro, Rini terkejut dengan kedatangan Thomas. Lalu, disaksikan dengan yang lainnya Thomas mengucapkan 2 kalimat syahadat. Dan akhirnya Thomas pun masuk Islam. Thomas mengalami kecelakaan, lalu dia dibawa ke rumah sakit dan harus dioperasi. Ely, Rini, dan Rina sangat sedih. Setelah Thomas dioperasi, Rini mengajak Ely pulang ke rumah karena Ely kelihatan letih. Rini dan Rina menginap di rumah Ely untuk menemani Ely. Rina dan Rini berdo’a untuk kesembuhan Thomas, ketika itu Rini pergi ke kampus sedangkan Ely dan Rina pergi ke rumah sakit menjenguk Thomas. Ketika Ely dan Rina datang, Thomas sudah siuman. Thomas bercerita pada Rina bahwa Thomas menyukai Rini dari pertama Thomas melihatnya. Lalu Rina menceritakan semuanya kepada Rini, dan Rini pun kaget. Lalu Rini menangis karena kesedihannya tidak bisa dibendung lagi. Bagaimana tidak, saat shalat tahajud tadi malam, Rini memohon kepada Allah untuk kesembuhan Thomas dan Rini juga meminta petunjuk-Nya mengapa belakangan ini Rini dihadapkan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan Thomas. Sekarang, sebuah kenyataan ada di hadapannya, Thomas ternyata mencintai Rini. Dalam perjuangan Thomas melawan masa kritis setelah menjalani operasi paru-parunya, dia menumpahkan perasaannya. Bukankah itu pertanda Rini sangat berarti dalam hidup Thomas? Allah telah memberi petunjuk kepada Rini, Rini bergegas menghapus air matanya dan Rini berkata bahwa masa kritis Thomas akan lewat. Rini menyuruh Thomas untuk istirahat, dan Rini berkata bahwa Rini akan menunggu di samping Thomas. Bahkan setelah Thomas sembuh, Rini tidak akan jauh di hati Thomas. Ada kelegaan hati dari tadi setelah Rini bicara pada Thomas. Terima kasih Allah, Engkau telah membuka hati Rini.

 Keunggulan Buku
Menurut kami keunggulan dari cerita ini adalah masih ada agama Islam di daerah Obihiro, dan hanya dengan kekuatan cintalah yang bisa mengalahkan semuanya.

 Kelemahan Buku
Pengarang tidak menjelaskan asal-usul dari Rini, baik itu mantan kekasihnya Satrio, dan tempat tinggalnya. Tidak menjelaskan bagaimana kelanjutan hubungan Rini.

 Kesimpulan
Rini, seorang Mahasiswa S3 Obihiro University, bersahabat dengan Agung dan Thomas. Tanpa mereka sadari, persahabatan itu menumbuhkan benih-benih cinta di antara mereka. Ketika cinta harus memilih, Thomas sengaja pergi demi kebahagiaan Rini dan Agung. Ia menyadari sepenuhnya cinta tak harus memiliki, bahkan ketika cinta Rini dikhianati.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Futur, Gerah, Jenuh, Maen Game Dulu....

 

detikdotcom

Free Download

Photobucket

Penurun Berat Badan

Slimming.com
Natures Drugstore
PureAcaiBerry

Daftar Ziddu di Sini:

Internet Sehat

Web Hosting

Cari Orang

Search di Yahoo dapat Uang, daftar di sini:

Buruan Daftar

Mau Online dibayar dollar...? daftar di sini..

Free money making opportunity. Join Cashfiesta.com and earn cash.
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by miscah.blogspot.com